Dalam setiap bisnis apapun itu jenis dan bentuknya, pemasaraan adalah kunci utama untuk meraih pangsa pasar dari produk yang ditawarkan tersebut. Oleh karena perlu diketahui lebih lanjut, apa sih pemasaran itu?
A. Pengertian Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler, pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong, pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. Menurut W Stanton, pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
e. Seni dan ilmu di dalam memilih pasar sasaran dan mendapatkan, memelihara dan mengembangkan para pelanggan melalui proses penciptaan, penyampaian dan pengkomunikasian nilai pelanggan yang lebih baik.
f. Menurut H. Nystrom pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
g. Menurut Philip dan Duncan, pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
h. Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association, pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa produsen ke konsumen.
B. Peran Pemasaran
Peran pemasaran antara lain adalah sebagai berikut :
1. untuk memberikan pilihan berbagai produk kepada konsumen dengan harga murah dan mudah ditemukan.
2. menjembatani kebutuhan konsumen dan produsen dari ruang, waktu, informasi, nilai, dan kepemilikan yang terpisah.
3. membantu produsen untuk lebih mengetahui kebutuhan konsumen.
4. membantu produsen untuk memutuskan produk apa yang harus diproduksi, kapan, di mana, dan bagaimana produk itu akan diproduksi.
5. berapa jumlah produk yang akan diproduksi.
6. membantu produsen dalam menentukan kepada siapa produk tersebut akan dipasarkan.
C. Pemasaran Modern
Berbagai aspek kehidupan manusia sangat membutuhkan informasi, baik itu untuk masalah pekerjaan, pendidikan, hiburan, pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder, dan sebagainya. Sedangkan untuk memperoleh berbagai informasi tersebut, masyarakat atau seseorang menginginkannya secara cepat dan tidak memandang perlu sumber informasi tersebut. Dengan kata lain, informasi harus secara instant didapat melalui sumber yang tidak terbatas ruang dan waktu.
Dalam kebutuhan seperti saat ini,masyarakat kian menuntut dunia agar menyediakan informasi secara cepatdan akurat. Media yang dipakaipun beragam :
- internet
- majalah
- Koran
- Televisi
- Radio
- Dan lain sebagainya
Memang bukan tanpa kendala, seperti halnya internet yang menggunakan fasilitas computer dan modem yang menelan biaya cukup mahal. Namun, seiring dengan berjalanya waktu, banyak bermunculan warnet-warnetyang perannya adalah guna mempermudah masyarakat dalam menggunakan fasilitas tersebut.
Sukses atau tidaknya suatu usaha adalah dengan adanya pelayanan yang baik. Tanpa adanya pelayanan yang baik maka kegiatan usaha tersebut tidak akan berkembang, sebab keberhasilan proses kelangsungan usaha tidak hanya bergantung pada peralatan canggih yang dimiliki tetapi pelayanan yang diberikan juga memiliki peran yang sangat besar dalam keberhasilan
Menurut Narverban Slater (1990), orientasi pasar tersusun dari tiga elemen, yaitu :
1. Orientasi pelanggan merupakan pemahaman terhadap pelanggan, sehingga nilai tertinggi baginya dapat diberikan secara berkesinambungan.
2. Orientasi pesaing merupakan pemahaman terhadap kelemahan-kelemahan jangka pendek dan strategi jangka panjang dari para pesaing.
3. Koordinasi antar lini fungsi perusahaan untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk menyampaikan nilai tertinggi bagi pelanggan. Untuk memberikan nilai tertinggi yang diterima pelanggan, seluruh pihak harus mengantarkan kualitas yang dimaksud sesuai dengan harapan pelanggan.
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler, pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong, pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. Menurut W Stanton, pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
e. Seni dan ilmu di dalam memilih pasar sasaran dan mendapatkan, memelihara dan mengembangkan para pelanggan melalui proses penciptaan, penyampaian dan pengkomunikasian nilai pelanggan yang lebih baik.
f. Menurut H. Nystrom pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
g. Menurut Philip dan Duncan, pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
h. Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association, pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa produsen ke konsumen.
B. Peran Pemasaran
Peran pemasaran antara lain adalah sebagai berikut :
1. untuk memberikan pilihan berbagai produk kepada konsumen dengan harga murah dan mudah ditemukan.
2. menjembatani kebutuhan konsumen dan produsen dari ruang, waktu, informasi, nilai, dan kepemilikan yang terpisah.
3. membantu produsen untuk lebih mengetahui kebutuhan konsumen.
4. membantu produsen untuk memutuskan produk apa yang harus diproduksi, kapan, di mana, dan bagaimana produk itu akan diproduksi.
5. berapa jumlah produk yang akan diproduksi.
6. membantu produsen dalam menentukan kepada siapa produk tersebut akan dipasarkan.
C. Pemasaran Modern
Berbagai aspek kehidupan manusia sangat membutuhkan informasi, baik itu untuk masalah pekerjaan, pendidikan, hiburan, pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder, dan sebagainya. Sedangkan untuk memperoleh berbagai informasi tersebut, masyarakat atau seseorang menginginkannya secara cepat dan tidak memandang perlu sumber informasi tersebut. Dengan kata lain, informasi harus secara instant didapat melalui sumber yang tidak terbatas ruang dan waktu.
Dalam kebutuhan seperti saat ini,masyarakat kian menuntut dunia agar menyediakan informasi secara cepatdan akurat. Media yang dipakaipun beragam :
- internet
- majalah
- Koran
- Televisi
- Radio
- Dan lain sebagainya
Memang bukan tanpa kendala, seperti halnya internet yang menggunakan fasilitas computer dan modem yang menelan biaya cukup mahal. Namun, seiring dengan berjalanya waktu, banyak bermunculan warnet-warnetyang perannya adalah guna mempermudah masyarakat dalam menggunakan fasilitas tersebut.
Sukses atau tidaknya suatu usaha adalah dengan adanya pelayanan yang baik. Tanpa adanya pelayanan yang baik maka kegiatan usaha tersebut tidak akan berkembang, sebab keberhasilan proses kelangsungan usaha tidak hanya bergantung pada peralatan canggih yang dimiliki tetapi pelayanan yang diberikan juga memiliki peran yang sangat besar dalam keberhasilan
Menurut Narverban Slater (1990), orientasi pasar tersusun dari tiga elemen, yaitu :
1. Orientasi pelanggan merupakan pemahaman terhadap pelanggan, sehingga nilai tertinggi baginya dapat diberikan secara berkesinambungan.
2. Orientasi pesaing merupakan pemahaman terhadap kelemahan-kelemahan jangka pendek dan strategi jangka panjang dari para pesaing.
3. Koordinasi antar lini fungsi perusahaan untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk menyampaikan nilai tertinggi bagi pelanggan. Untuk memberikan nilai tertinggi yang diterima pelanggan, seluruh pihak harus mengantarkan kualitas yang dimaksud sesuai dengan harapan pelanggan.
0 komentar :
Posting Komentar